mengetahui gejala dan cara memperbaiki rahim retrofleksi

Peluang Kehamilan dan Cara Memperbaiki Rahim Retrofleksi

Rahim terbalik atau rahim retrofleksi adalah kondisi rahim dengan posisi yang tidak normal seperti pada umumnya, rahim dengan posisi terbalik akan menghadap pada tulang belakang atau anus. Rahim terbalik bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti, genetik, persalinan, Fibroid, Endometriosis, dan radang panggul.

Ciri Rahim Retrofleksi

Ada beberapa ciri atau gejala yang ditimbulkan dari rahim terbalik, meskipun ciri atau gejala ini tidak selalu mengarah pada rahim terbalik.

  1. Merasa nyeri atau tidak nyaman pada beberapa posisi pada saat berhubungan intim
  2. Merasa nyeri pada saat menstruasi
  3. Siklus menstruasi yang tidak teratur
  4. Buang air kecil yang lebih sering
  5. Infeksi saluran kemih
  6. Merasa kesulitan dalam menggunakan tampon
  7. Mengalami kesulitan untuk hamil

Apakah Rahim Retrofleksi Bisa Hamil?

Pada beberapa kejadian, kehamilan bisa terjadi pada wanita dengan posisi rahim terbalik, hal ini dikarenakan posisi rahim terbalik tidak mempengaruhi kesuburan seorang wanita dan sudah pasti memiliki peluang kehamilan.

Posisi rahim yang terbalik memiliki resiko keguguran meskipun hal ini masih langka terjadi, sehingga perlu konsultasi dengan dokter spesialis seperti dokter kandungan untuk mengetahui lebih dalam mengenai bagaimana sebaiknya kehamilan dengan keadaan rahim retro.

Untuk mendeteksi apakah posisi rahim terbalik atau tidak, hal ini bisa dilakukan dengan pemeriksaan USG (Ultrasonografi), seperti USG Transabdominal atau USG Transvaginal di rumah sakit, tentunya dengan harus konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

Bagaimana Posisi Berhubungan Untuk Rahim Retrofleksi?

Karena rahim retrofleksi memiliki posisi rahim yang terbalik, maka untuk lebih mempermudah kehamilan adalah dengan melakukan posisi berhubungan intim dari belakang (Doggy style). Setelah ejakulasi terjadi, pihak wanita harus tetap berada pada posisi tersebut dan tidak merubahnya dalam waktu 20 sampai dengan 30 menit, sehingga sel sperma tidak mudah untuk keluar dan lebih cepat menuju sel telur. 

Cara untuk Membalikan Rahim Terbalik

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh wanita yang memiliki rahim dengan posisi terbalik, mulai dari cara yang bisa dilakukan oleh diri sendiri atau dengan bantuan medis.

  1. Olahraga Ringan

Untuk membalikan posisi rahim yang terbalik, bisa dimulai dengan melakukan beberapa gerakan ringan oleh diri sendiri, seperti senam Kegel. Posisi rahim terbalik perlu adanya gerakan untuk mengencangkan otot otot panggul bagian bawah yakni dengan gerakan Senam Kegel sebanyak 4-5 kali. Atau menempelkan lutut ke dada sebanyak 10-15 kali.

  1. Memasang Cincin Pesarium

Cara selanjutnya untuk membalikan posisi rahim terbalik adalah dengan menggunakan Cincin Pesarium, yakni alat dari silikon yang dimasukan ke dalam vagina. Namun pemasangan Cincin Pesarium dapat menimbulkan peradangan dan infeksi serta membuat perasaan tidak nyaman pada saat berhubungan intim.

  1. Operasi

Opsi terakhir adalah dengan melakukan tindakan operasi, yakni melalui teknik Laparoskopi atau Histerektomi.

Itulah secara singkat mengenai Rahim Retrofleksi yang bisa terjadi pada sebagian wanita, tidak perlu khawatir mengenai kesuburan, karena rahim dengan posisi terbalik tidak berpengaruh pada kesuburan.

Leave a Comment