produsen baja ringan kini menghadirkan sebuah baja dengan kualitas terjamin untuk membuat atap

Kelebihan dan Kekurangan Baja Ringan Dalam Konstruksi Bangunan

Dalam membangun rumah atau gedung seperti hotel, apartemen, dan lain lain tentu membutuhkan material dengan kualitas yang bagus. Oleh karena itu, produsen baja ringan kini menghadirkan sebuah baja dengan kualitas terjamin untuk membuat atap sebuah bangunan. Berikut ini ada beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan baja ringan dalam sebuah konstruksi bangunan.

Keuntungan baja ringan

Baja ringan merupakan menjadi elemen terpenting bagi para kontraktor dalam membangun sebuah proyek bangunan. Keuntungan menggunakan baja ringan ini dapat Anda simak seperti berikut ini :

  • Proses pemasangan yang lebih mudah, ringan dan cepat

Dibandingkan dengan baja konvensional lainnya, baja ringan ini lebih ringan untuk digunakan membuat atap bangunan. Selain itu, proses pemasangannya juga lebih mudah karena tidak membutuhkan banyak paku sehingga cepat dalam pengerjaan.

  • Memiliki sifat yang kuat, kokoh dan tahan lama

Walaupun sifatnya ringan, namun baja ringan ini memiliki kualitas yang dijamin tidak mengecewakan. Di antaranya seperti kuat dan kokoh menahan beban berat. Bahkan, baja ringan ini juga dapat dipakai dalam jangka waktu yang relatif lama. 

  • Tidak mudah berkarat

Jika sifat baja umumnya mudah berkarat, namun berbeda dengan baja ringan yang satu ini. Produsen baja ringan ini memberi kemudahan bagi Anda untuk menghemat penggunaan cat air karena sifatnya yang tahan terhadap kondisi apapun.

  • Ramah terhadap lingkungan

Dengan kualitas bahan yang unggul, baja ringan yang sudah tidak terpakai dapat kita daur ulang kembali. Tentu saja langkah ini lebih ramah terhadap lingkungan.

  • Memiliki sifat yang mudah dibentuk dan disambung

Karena sifatnya yang mudah dibentuk dan disambung, maka baja ringan bisa dijadikan bentuk atap rumah sesuai yang Anda inginkan.

  • Memiliki daya tarik tegangan yang tinggi

Dengan daya tarik tegangan baja ringan yang tinggi tentu membuat energi yang diserap dalam membentuk rangka atap rumah semakin besar. 

Kekurangan baja ringan

Selain keuntungan di atas, produsen baja ringan juga memiliki kekurangan antara lain :

  • Dijual dengan harga yang relatif mahal

Harga baja ringan yang ditawarkan di pasaran dikatakan relatif lebih mahal karena berbagai kualitas yang memang terjamin.

  • Lebih mudah terhempas oleh angin

Sifatnya yang ringan membuat baja ringan yang terpasang pada atap rumah ini lebih mudah terhempas oleh angin kencang. Oleh karena itu, dalam proses pemasangan baja ringan ini harus dilakukan secara tepat dan benar.

  • Kerangka atap rumah terlihat kurang rapi

Pada atap rumah, sering kali pemasangan baja ringan terlihat kurang rapi sehingga mengurangi keindahan rumah.

  • Lebih mudah roboh

Meskipun menggunakan baja ringan dengan sifat yang kuat dan kokoh, ada kemungkinan atap rumah bisa tiba – tiba roboh. Hal ini karena pemasangan yang kurang hati – hati dan kurang teliti.

Leave a Comment