Bahan dari alam banyak digunakan sebagai bahan utama membuat skincare buatan sendiri

Tips Membuat Skincare Buatan Sendiri Dijamin Hasil Maksimal

Bahan dari alam banyak digunakan sebagai bahan utama membuat skincare buatan sendiri sejak turun temurun sampai sekarang, namun sejak perkembangan krim wajah skincare organic mulai bergeser dan kemudian pamornya naik lagi karena banyak kalangan sudah paham bahaya bahan kecantikan dengan bahan kimia. Berikut adalah ulasan mengenai hal-hal yang harus diperhatikan untuk membuat skincare buatan sendiri agar hasilnya maksimal.

Peralatan 

Peralatan yang digunakan meracik skincare buatan sendiri harus bersih dan higienis. Mengingat skincare digunakan untuk perawatan wajah dan tubuh, maka peralatan harus bersih agar tidak terjadi hal-hal yang kurang menyenangkan. Seperti kita semua tahu bahwa jerawat bisa datang dari kotoran hal tersebut juga berlaku untuk meracik skincare, jangan sampai alat kotor karena kulit bisa terjadi iritasi atau jerawat. Kebersihan peralatan adalah hal utama, maka perhatikan dengan baik. Peralatan pembuatan seperti alat pengaduk dan wadah bahan sampai kuas brush. Cuci bersih sebelum digunakan menggunakan sabun untuk memastikan semua kotoran mati kemudian keringkan dengan tissue atau alat pengering. 

Bahan yang digunakan 

Bahan yang digunakan sangat berpengaruh terhadap hasil akhir skincare, pemilihan bahan utama berdasarkan kebutuhan kulitmu. Jika kamu ingin kulit lebih cerah kamu bisa menggunakan jeruk nipis, jeruk nipis dipercaya bisa memberikan efek brightening. Pemilihan bahan utama selanjutnya adalah berdasarkan kondisi wajah kamu, jika wajah kering maka jangan menggunakan bahan yang bisa membuatnya semakin kering seperti penggunaan vitamin C dari jeruk, kulit yang sudah kering bisa menjadi iritasi. Hal yang terakhir adalah jika kulit kamu sensitif dan gampang alergi berarti jangan gunakan bahan yang bisa membuat alergimu muncul. 

Campuran 

Meracik skincare buatan sendiri terkadang juga memerlukan campuran agar hasil maksimal. Campuran yang sering digunakan dalam membuat skincare sendiri di rumah adalah madu, olive oil dan sebagainya. Namun harus diperhatikan penggunaan campuran juga harus sesuai perbandingan. Pemilihan bahan campuran seperti olive oil harus dicek, karena dipasaran olive oil tidak sepenuhnya kandunganya olive oil namun sudah tercampur mineral oil. Jika diaplikasikan di wajah, mineral ini tidak bagus karena molekulnya yang terlalu besar. Namun jika diaplikasikan untuk kulit tubuh masih aman.  Hal-hal kecil seperti ini yang harus diperhatikan agar skincare buatan sendiri memberikan hasil maksimal.

Pengaplikasian 

Menggunakan skincare buatan sendiri juga harus mengatur pengaplikasian skincare sendiri. Pengaplikasian harus menggunakan media yang bersih kemudian waktu penggunaan juga harus diperhatikan. Misal jika menggunakan masker wajah jangan menggunakan masker dalam waktu yang lama karena bisa membuat wajah kering. Kemudian untuk perawatan kulit tubuh yang kasar dan kering maka beri pelembab dan biarkan selama overnight agar kulit bisa lembab kembali. 

Hal-hal mengenai skincare buatan sendiri memang banyak yang harus diperhatikan untuk memberikan hasil maksimal jadi kesabaran dan ketelitian sangat diperlukan.

Leave a Comment