e-commerce logistics services

Tantangan Untuk E-Commerce Logistics Companies

Di Indonesia semakin tahun berdiri banyak perusahaan distributor yang mengambil banyak barang kebutuhan baik untuk bangunan, makanan dan minuman, alat tulis, alat kesehatan, fashion atau bahan mentah kimia lainnya. Dengan demikian maka gudang akan semakin banyak dibutuhkan agar mampu menampung keseluruhan produk tersebut. Akan tetapi, kendala yang muncul di lapangan adalah masih belum banyak pengetahuan praktis mengenai E-Commerce Logistics Services Companies. 

E-Commerce Logistics Companies memang kita sebut dengan layanan toko online yang marak berkembang. Dari sinilah Anda akan tahu mengapa banyak toko online berkembang dan mengunggah banyak foto produk yang kemudian dijual dengan harga yang berbeda-beda. Mungkin toko online A menjual dengan harga murah dan mengambil laba sedikit sekali maka konsumen lain akan terus menyerbu sangat ramai bukan? Perusahaan akan merasa terbantu dengan toko online A ini karena bisa “membuang” produk dengan sangat cepat. 

Namun, jika kita melihat dari nilai praktisnya tetap saja ada nilai non praktisnya yaitu kelemahan. Kelemahannya adalah sebagai berikut:

  • Proses Transaksi (Khususnya Pembayaran) Harus Lewat Bank

Setiap produk yang dipesan melalui E-Commerce proses pembayarannya harus melalui bank dan punya rekening sedangkan penduduk indonesia masih sangat terbatas yang punya rekening karena pertimbangan biaya administrasi potongan tiap bulan yang besar.  

  • Sinyal Buruk

Indonesia termasuk dalam kategori sinyal internet paling kurang baik dari negara lain, hal ini membuat akses internet sering mengalami masalah “tabrakan” dan membuat sistem kacau. Seharusnya koneksi sinyal internet ditambah lagi dengan memaksimalkan pemancar yang merata ke jangkauan tersulit. Untuk area pegunungan masih saja ada daerah yang susah sinyal sehingga mereka hanya bisa melihat produk namun tidak bisa dengan tepat waktu menerima barang. 

  • Profesionalitas dan Standarisasi Pengiriman Barang 

Ada kalanya konsumen akhir mengalami kekecewaan karena kendala pada E-Commerce Logistics Companies seperti barang telat, barang rusak, barang tidak sesuai dengan pesanan dan sebagainya. hal tersebut dikarenakan standar dan profesionalitas pengiriman barang belum diterapkan dengan baik maka konsumen merasa tertipu. 

Sedikit informasi di atas semoga bermanfaat ya…

Leave a Comment