Tips bermain trampolin

5 Tips Bermain Trampolin Anak di Tempat Umum

Trampolin anak kini tidak hanya ditemui di lingkungan rumah saja. Banyak tempat umum yang menyediakan permainan ini untuk memanjakan sang buah hati. Bermain trampolin di rumah, tentu keselamatan maupun keamanan permainan sudah dapat Anda jamin sendiri. Meskipun Anda harus rela mengeluarkan biaya sesuai dengan harga trampolin besar.

Bagaimana dengan permainan trampolin yang disediakan di area umum? Anda tidak bisa menjaminnya. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan beberapa tips berikut agar anak tetap aman dan nyaman saat bermain trampolin di tempat umum.

  • Memperhatikan Kondisi Tubuh Anak

Pastikan pada saat anak ingin bermain trampolin di tempat umum, kondisinya benar-benar sedang fit. Sebab, meskipun cukup menyehatkan, namun jika trampolin dilakukan pada saat tubuh sedang capek atau baru saja jatuh, justru dapat membuat kesehatan anak menjadi terganggu. Permainan pun tidak akan maksimal ia lakukan. Untuk anak yang sedang sakit asma juga disarankan untuk tidak melakukan permainan ini terlebih dahulu.

  • Datang Lebih Awal

Biasanya, ada beberapa aturan atau instruksi yang diberikan oleh penyedia permainan. Dengan datang lebih awal dari waktu permainan, memberi kesempatan bagi anak untuk berganti busana dengan tenang dan melakukan pemanasan tanpa terburu-buru. Meskipun hanya sekadar permainan, trampolin juga membutuhkan pemanasan yang cukup untuk meminimalisir risiko cedera.

  • Anak Usia di Bawah 6 Tahun Harus Didampingi

Anak usia di bawah 6 tahun biasanya masih mempunyai keseimbangan tubuh yang belum sempurna. Oleh karena itu, anak harus didampingi orang tua agar dapat dicegah resiko jatuh dan keseleo. Ingat, di tempat umum, permainan trampolin dilakukan secara bersama-sama dengan anak lain, yang bisa jadi usia maupun berat badan lebih dari anak Anda. Jika tidak didampingi, risiko tabrakan dan terjatuh lebih besar.

  • Ikuti Petunjuk Trainer

Petunjuk trainer sangat penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, jangan abaikan petunjuk trainer, mulai dari syarat memainkan trampolin hingga teknik bermain yang benar untuk dilakukan.

  • Menggunakan Busana yang Nyaman

Pada saat bermain trampolin, gunakan busana yang nyaman. Begitu juga kaus kaki yang digunakan usahakan yang tidak licin. Hal ini akan membuat anak lebih bebas bergerak serta aman dari risiko cedera.

Demikianlah tips yang bisa Anda ikuti untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan untuk buah hati Anda. Namun apabila Anda menginginkan agar selalu dalam pengawasan Anda, sebaiknya miliki trampolin sendiri di rumah dan Anda harus menyiapkan biaya sesuai dengan harga trampolin besar.

Leave a Comment